Definisi Taqwa ....

Bila kita membaca Al Quran banyak sekali Kata TAQWA disebutkan seperti dalam Surah Al Baqarah, misalnya: Kitab (al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang BERTAQWA(QS. 2:2)

Hai manusia, sembahlah Rabb-mu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu BERTAQWA. (QS. 2:21)

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan BERTAQWALAH kepada Allah supaya kamu beruntung. (QS. 3:200)

Hai sekalian manusia, BERTAQWALAH kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan....................... (QS. 4:1)
maka BERTAQWALAH kepada Allah dan taatlah kepadaku. (QS. 26:108)
di surah 26 ini bahkan kata Bertaqwa itu di ulang sampai beberapa kali?.
kemudian ....
Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang BERTAQWA.? (QS. 39:33)
Ketika orang-orang kafir menanamkan dalam hati mereka kesombongan (yaitu) kesombongan jahiliyah lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mu?min dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat TAQWA dan adalah mereka berhak dengan kalimat TAQWA itu dan patut memilikinya.Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. 48:26)

Sampai pada

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling BERTAQWA di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS. 49:13)

Banyak sekali, mungkin jumlahnya sampai ratusan atau ribuan kata TAQWA dalam AlQuran, akan tetapi definisi atau padanan kata yang tepat untuk satu kata masih saya cari?

Setelah saya perhatikan sayapun menemukan berbagai macam pendapat dan definisi makna dari kata TAQWA ini sbb :

1. Taqwa berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah yang artinya memelihara.
2. Taqwa itu berarti takut, tapi tidak persis seperti takut. Katanya sudah ada kata lain di Al Qur?an untuk kata takut, yaitu ?khasyiya? dan ?khawf?. (Saya sendiri baru tahu hal ini.) Jadi artinya taqwa bukan semata-mata takut.
3. Taqwa itu mengetahui dengan akal, memahami dengan hati dan melakukan dengan perbuatan..
4. Ada yang membagi dalam 2 Definisi Taqwa = 1. Hati-hati 2. Meninggalkan yang tidak berguna
5. Taqwa : merupakan kosekuensi logis dari keimanan yang kokoh yang dipupuk dengan murrukobatullah, merasa takut terhadap murka dan azab-Nya dan selalu berharap atas limpahan karuni dan magfir-Nya.
6. Taqwa : hendaklah Allah tidak melihat kamu berada dalam larangan-larangan-Nya dan tidak kehilangan kamu didalam perintah-perintah-Nya.
7. Ada yang bilang ; Taqwa terambil dari akar kata yang berarti menghindar. Perintah untuk bertaqwa berarti perintah untuk menghindarkan siksa dan ancaman Allah.
8. Taqwa adalah sikap abstrak yang tertanam dalam hati setiap muslim, yang aplikasinya berhubungan dengan syariat agama dan kehidupan sosial. Seorang muslim yang bertaqwa pasti selalu berusaha melaksanakan perintah Tuhannya dan menjauhi segala laranganNya dalam kehidupan ini.

9. Dan lain-lain, berbagai persepsi orang tentang makna arti kata TAQWA secara pas dalam Al Quran..

Belakangan ini saya mencoba mencari pehaman arti kata ini, karena saya yakini pasti ada makna yang lebih Mudah untuk difahami?.
Akhirnya dengan perasaan, yang jujur saja masih ada sedikit Keraguan dan khawatir dihati saya, saya mengambil kesimpulan bahwa Seluruh kata TAQWA dalam Al Quran berarti : SADAR / MENYADARI

Kemudian kata TAQWA ini saya coba Find and Replace di dalam Al Quran Words saya, saya ganti dengan SADAR / MENYADARI
hasilnya memang cukup mengagetkan....

Jujur saja saya merasakan kata SADAR ini hampir tepat, tapi saya masih khawatir keliru, karena penguasaan akan bahasa Arab saya yang masih minim?.?. apaplagi contoh2 diatas kata Taqwa diartikan jauh dari pengertian saya...
Jadi pada kesempatan ini saya minta sumbang saran dan pemikiran dari anda yang mungkin bisa menguraikan...dan lebih ahli disini.

SADAR / MENYADARI saya definisikan dengan "orang yang SADAR dan MENYADARI akan segala tindakan, ucapan, fikirannya, gerak hati, termasuk Sadar dan Menyadari saat ajal tengah Menjemputnya."

Mohon masukan dan koreksinya